Setelah menyelesaikan tahap Training Digital Marketing mulai dari sesi 1 hingga sesi 4. Akhirnya saya salah satu yang terpilih diantara ratusan audience ke tahap Bimbingan Teknis (Bimtek) Digital Marketing oleh Kampus UKM Menariknya pada hari pertama Bimtek ini, saya diingatkan kembali dengan pelajaran Sistem Informasi Akuntansi waktu saya kuliah dahulu. Dimana tampilan ini seperti bahasa pemrograman yang saya pelajari di mata kuliah kuliah tersebut. Dahulu saya mengatakannya dengan sebutan coding pada bahasa pemrograman. Tampilan sama, tapi ini bukanlah bahasa pemrograman. Ini adalah HTML yang berbeda dengan bahasa pemrograman, HTML tidak punya kemampuan untuk membuat fungsionalitas yang dinamis. Contoh kode atau script membuat paragraf. HTML memungkinkan seorang pengguna dapat membuat dan menyusun bagian heading, paragraf, link atau tautan, dan blockquote untuk halaman sebuah website. Nah, tau ga apa saja yang kita pelajari hari ini? Kita mempelajari banyak hal, mulai dari bagaimana teknik promosi, bagaimana cara melihat trend market, grafik market, assessment bisnis, cara analisa bisnis yang baik, ranking keyword market, dll.
Berikut resume Bimtek Sesi Asesmen Bisnis :
1. Analisa Kata Kunci
Kata kunci atau Keyword didalam Digital Marketing merupakan hal penting untuk mengoptimalkan kampanye marketing secara online. Cara menentukan keyword yang efektif adalah dengan cara melakukan penelitian pasar, analisis kompetitor, analisis tren industri, analisis data kampanye, pahami kepentingan dan kebutuhan pengguna, mencari kata kunci yang spesifik (long-tail keyword).
Ada beberapa cara menganalisa Keyword yaitu dengan cara menggunakan google keyword planner, situs semrush, ubersuggest, dll.
2. Menentukan Konten
Marketing yang baik adalah marketing yang bisa menyusun konten dengan baik. Terdapat Content marketing funnel yaitu: TOFU, MOFU dan BOFU. Pada konten terdapat beberapa pilar yaitu: pengukuran inspiration menggunakan pilar konten cerita emosional dan testimonial, pengukuran konten promosi menggunakan pilar konten diskon, dll.
3. Copywriting
Merupakan tindakan menulis teks dengan tujuan periklanan atau bentuk pemasaran secara tertulis atau cara beriklan lewat tulisan yang mampu menarik perhatian konsumen. Pada copywriting harus memperhatikan struktur pembuka, isi dan penutup.
4. SEO
SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
5. Optimasi Google Business Profile
6. Mendaftarkan bisnis kedalam google maps
Terimakasih kepada Mentor luar biasa Bapak Hanifudin dan Bapak Buana yang telah memberikan ilmu yang sangat bermanfaat. Terimakasih juga kepada @kampus_ukm, @kemenkopukm yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini. Bismillah semoga next, bisa lanjut sertifikasi.. aamiin..
#digitalmarketing #kampusukm #kemenkopukm #iaii
.jpeg)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar